Direktur RSUD Sleman Ngopi Bareng Wartawan tentang Kesiapan Kerjasama dengan BPJS

Pada tahun 2014 mendatang, RSUD Sleman akan mulai bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Hal ini terkait dengan ditetapkannya peratruran bahwa pada tahun 2014 mendatang seluruh masyarakat Indonesia telah terjamin seluruhnya dengan jaminan kesehatan yang diselenggarakan pemerintah baik melalui Askes, Jamsostek, Jamkesmas, Askabri dan lain sebagainya. Berkenaan dengan hal tersebut, RSUD Sleman berupaya menyesuaikan untuk mempersiapkan fasilitas yang dimiliki guna melayani pasien peserta jaminan social. Saat ini diperkirakan jumlah pasien yang dilayani RSUD terdiri darei 30% pasien peserta Askes, 30% pasien peserta jaminan kesehatan pemerintah dan 40% sisanya adalah pasien tanpa jaminan social.

Dalam rangka kerjasama tersebut, maka RSUD Sleman berupaya untuk memenuhi syarat-syarat kerjasama tersebut. Upaya yang dilakukan diantaranya menambah jumlah tempat tidur pasien menjadi 218 tempat tidur dari sebelumnya sejumlah 168. Dari jumlah tersebut 117 diantaranya diperuntukkan untuk pasien kelas III.

Selain itu, RSUD Sleman juga berupaya untuk memenuhi 23 layanan standard rumah sakit, sebelumnya RSUD Sleman telah memenuhi akreditasi rumah sakit untuk 16 layanan minimal rumah sakit. Guna mencapai akreditasi tersebut, RSUD Sleman memberikian beasiswa bagi salah seorang dokter umum di RSUD Sleman untuk menjadi dokter spesialis jantung serta bekerjasama dengan dokter ortopedi dari Sardjito untuk penyelenggaraan layanan penyakit jantung dan ortopedi yang belum tersedia di RSUD Sleman. Demikian disampaikan oleh dr. Joko Hastaryo, M.Kes, Direktur RSUD Sleman dalam acara Ngopi Bareng Wartawan yang diselenggarakan Bagian Humas Setda Sleman.

Hingga saat ini, RSUD Sleman tidak mengalami hambatan berarti dalam memberikan layanan bagi masyarakat dengan jaminan kesehatan. Penagihan klaim ke setiap penyelenggara jaminan kesehatan baik dari Askes, Jamkesda dan Jamkesmas cukup cepat dengan kerjasama yang baik antara verifikator dan RSUD, klaim dapat segera cair maksimum hingga 3 bulan sehingga tidak menganggu operasional dalam pelayanan kesehatan.

 

 

One Comment
  1. Dear pemkab sleman,

    Sebagai salah satu warga sleman, saya memiliki orang tua yang juga warga sleman tetapi belum memiliki jamkesda/bpjs…
    untuk itu bagaimana saya mengurus pendaftaran untuk orang tua saya.

    trimakasih

    salam
    reza zulmy
    rezazulmy@gmail.com
    085347580554

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>